Sabtu, 06 Maret 2010

Ada apa saat Menstruasi dan Tips Untuk Mensiasatinya


BYE BYE NYERI HAID

Tahu enggak sih, setiap cewek akan menstruasi kurang lebih 400 juta kali selama hidupnya, terhitung sejak kita menarche? Ck ck ck. Tapi, kalau mengalami nyeri haid selam 400 juta kali? Aduh, enggak banget, deh!

  • Nyeri Payudara (mastalgia)

Why? Nyeri payudara biasa timbul menjelang haid. Nyeri ini sebenarnya wajar dan akan hilang usai kita menjalani masa haid. Mastalgia merupakan reaksi kelenjar susu terhadap meningkatnya hormone esterogen dalam tubuh kita. Kelenjar susu membesar karena mengandung air. Inilah yang menyebabkan payudara terasa nyeri ketika tersentuh.

MAKE IT BETTER

Mastalgia bisa diatasi dengan makan makanan bergizi. Batasi konsumsi garam, kopi, the, minuman bersoda, dan cokelat karena akan memice pengumpulan air didalam payudara. Serta kenakan bra yang tidak ketat dan juga dapat menyangga payudara dengan baik.

  • Moody ( Pre-Menstrual Tension)

Why?Saat haid hormone esterogen dan progesterone yang berfungsi mengatur system reproduksi rasionya enggak berimbang. Gara-gara ini, kadar serotonin (senyawa kimia pada otak) dalam tubuh kita menurun.

MAKE IT BETTER

Makan pisang. Karena pisang mengandung vitamin B6,C, kalsium, dan glukosa yang bisa membantu kita menstabilkan kadar serotinin dalam tubuh. Sehingga gejolak emosi dan perasaan sensitive selama dan menjelang haid dapat berkurang.

  • Jerawat

Why? Jerawat menjelang haid juga disebabkan pengaruh abnormal.

MAKE IT BETTER

Kalau habis berpergian, jangan lupa cuci muka dengan pembersih khusus. Soalnya, kalau bakteri p-acne menempel dimuka kita, kemungkinan timbul jerawat saat kita haid.

  • My Bigger Body

Why? Perubahan horman dalam tubuh kita menjelang menstruasi ternyata memang bisa membuat badan kita terlihat agak sedikit membesar atau membengkak. Ketika hormone progesterone menurun, ginjal secara otomatis akan memerintahkan seluruh jaringan tutbuh untuk mengumpulkan cairan dan sodium buat memastikan tubuh kita enggak kehilangan cairan. Kondisi seperti ini yang bikin rongga di dalam tubuh terisi cairan sehingga berat badabn kita seakan-akan bertambah.

MAKE IT BETTER

Nah, buat menjaga hal ini terjadi, makanlah makan bergizi, terutama susu. Susu mengandung kalsium yang bisa meminimalkan pengumpulan cairan. Jangan lupa banyak minum air dan jus buah ya!

  • Cepat Lelah

Why? Menstruasi memang sering bikin kita cepat capek. Hal ini disebabkan karena tubuh membutuhkan zat besi lebih dari biasanya.

MAKE IT BETTER

Perbanyak makan makanan yang banyak mengandung Vit B12 dan Vit C agar kadar hemoglobin pada sel darah merah menjadi lebih tinggi. Kandungan vitamin ini bisa kita dapat dari hati ayam, kuning telur ikan, buah-buahan, yoghurt, kacang-kacangan dan daging.

  • Kram Perut (dismenorea)

Why? Dismonore adalah nyeri atau kram perut yang terjadi pada 24 jam sebelum terjadinya haid dan dapat terasa selama 24-36 jam. Nyeri haid cenderung terjadi karena factor stress atau sugesti bahwa kita enggak bakal bisa nahan rasa sakit dengan cara apapun.

MAKE IT BETTER

Kalau sakitnya enggak lagi ter-tanggulangi, minum saja obat yang khusus untuk mengatasi nyeri haid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar